BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Surat adalah media komunikasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan oleh
seseorang atau lembaga ke seseorang atau lembaga lainnya. Banyak kesalahan yang
sering kita temukan dalam halnya penulisan surat. Maka dari itu makalah ini
membahas tentang seluk beluk surat sehingga dapat memberikan informasi yang
mendalam kepada pembaca.
Pengenalan terhadap jenis dan sifat surat merupakan hal yang penting diketahui
agar dapat mengambil suatu tindakan atau menyelesaikan sesuatu tugas yang
sesuai dengan isi atau maksud dari surat tersebut.
Untuk
mendapatkan suatu perkerjaan di kantor atau di instansi , kita harus mengajukan
permintaan atau permohonan ke bagian ke pegawaian . Permohonan itu tidak
disampaikan secara lisan tetapi secara tertulis dalam bentuk suatu surat lamara
kerja .
Perubahan
dan kemjuan teknologi membawa dampak terhadap segala bidang . Termasuk pula
pada tata cara pembuatan dan pengiriman surat lamaran kerja . Wujud surat
lamaran kerja semakin beragam dan pembuatannya cenderung semakin praktis .
Meskipun demikian ,ada prinsip-prinsip serta unsur-unsur pokok dari surat
lamaran kerja yang tetap di pertahankan .
Untuk
memberi pertimbangan dalam membuat jawaban dari suatu perushaaan , pelamar
melampirkan sejumlah berkas dalam surat lamaran kerja tersebut . Salah satu
berkas yang sangat penting dan selalu diminta adalah daftar riwayat hidup atau
CV ( Curiculum Vitae ) . Oleh Karena itu , selain mampu menyusun surat lamaran,
di harapkan kita sebagai orang yang tidak tahu apa-apa dapat menulis
lampirannya dengan baik dan benar .
CV
akan selalu digunakan untuk siapa saja yang hendak melamar suatu perkerjaan
karena CV adalah bagian dari salah satu syarat yang harus dipenuhinya agar si
pelamar dapat di terima atau gagal . Jadi kita sebaiknya jangan terlalu
meremehkan tentang keberadaan CV ini . Makalah ini saya buat agar masyarakat
dapat memahami dan tahu bagaimana tentang CV itu karena tanpa CV , si pelamar
kerja kemungkinan diterima sangat kecil karena ini adalah bagian dari
persyaratan dari suatu perusahaan kepada seseorang yang hendak melamar kerja
.
1.2 Tujuan Penulisan
Sebagaimana yang kta ketahui bahwa masih banyak masyarakat yang belum
mengetahui bagaimana tata cara penulisan surat yang baik dan benar, untuk
itulah makalah ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui sistematika cara
penulisan surat yang baik dan benar serta kita dapat membedakan format
dan jenis-jenis surat yang kita temui.
CV
atau biasa yang kita kenal Curiculum Vitae ini bermaksud untuk
membantu si pelamar kerja mendapatkan suatu pekerjaan karena di dalam CV ini
terdapat hal-hal tentang diri seseorang pelamar dari ia baru lahir hingga
sekarang , istilahnya CV itu di bisa anggep perjalanan hidup dari seseorang
tersebut dari dulu hingga sekarang .
Maksud
seseorang membuat CV antara lain bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat
untuk mendapatkan pekerjaan karena tanpa adanya CV , si pelamar pekerjaan belum
tentu bisa mendapatkan pekerjaan karena belum memenuhi syarat , maka dari itu
CV ini sangat perlu diperhatikan baik dalam penulisannya karena bersifat
informasi yang penting dan berhubungan dengan riwayat hidup seseorang . Makalah
dibuat , untuk memahami dan mengetahui bagaimana bentuk dari CV tersebut .
1.3
Rumusan Masalah
- Arti dan fungsi surat?
- Syarat-syarat surat yang baik?
- Bahasa surat?
- Bagian surat?
- Jenis surat?
6. Manfaat vitae?
- Susunan itae?
- Isi vitae?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 ARTI SURAT
Surat adalah alat
komunikasi antara seseorang dengan seseorang yang di kehendakinya , yang berisi
tulisan , pernyataan , suatu kabar , harapan , dan tanggapan yang sesuai dengan
keinginan dari penulis surat tersebut . Itu arti surat secara umum atau yang
biasanya masyarakat tahu .
2.1.2 FUNGSI SURAT
1. Sebagai sarana komunikasi.
2. Sebagai alat untuk menyampaikan pemberitahuan / permintaan atau permohonan, buah pikiran atau gagasan.
3. Sebagai alat bukti tertulis.
4. Sebagai alat untuk mengingat.
5. Sebagai bukti historis.
6. Sebagai pedoman kerja.
1. Sebagai sarana komunikasi.
2. Sebagai alat untuk menyampaikan pemberitahuan / permintaan atau permohonan, buah pikiran atau gagasan.
3. Sebagai alat bukti tertulis.
4. Sebagai alat untuk mengingat.
5. Sebagai bukti historis.
6. Sebagai pedoman kerja.
2.2 SYARAT-SYARAT SURAT YANG BAIK
Surat dikatakan baik
yaitu apabila dalam penulisannya sudah sesuai dengan kaidah-kaidah dalam
penulisan surat. Selain dari pemilihan bahasa, bentuk dan tulisan surat itu
sendiri, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan. Hal-hal tersebut antara
lain:
1. Jelas
Jelas disini berarti: tulisan mudah dibaca dan mudah pahami baik dari identitas si pengirim surat, nama dan alamat yang dituju, serta dari isi surat itu sendiri
syarat-syarat surat yang baik
2. Benar
Benar disini berarti: isi dari surat tersebut memang benar maksud dan tujuannya (tidak untuk iseng), serta menggunakan kosa kata yang baku.
3. Sopan
Sopan disini berarti: menggunakan bahasa yang tidak hanya baku tetapi juga memiliki sopan santun.
4. Singkat/tidak terlalu bertele-tele
Singkat disini bukan berarti penulisan katanya yang harus disingkat-singkat, tetapi menggunakan bahasa yang efektif sehingga surat tidak terlalu panjang lebar.
5. Lengkap
Lengkap disini berarti: Maksud dan tujuan sudah terwakilkan atau tertuang semua dalam surat.
6. Menarik
Menari disini bukan berarti harus menggunakan kosa kata seperti pada iklan-ikan yang sering kita jumpai. Tetapi, kertas dan sampul surat harus serasi, bersih dan rapi sehingga enak dipandang dan dibaca.
2.3 BAHASA YANG DIGUNAKAN DALAM PENULISAN SURAT
1. Jelas
Jelas disini berarti: tulisan mudah dibaca dan mudah pahami baik dari identitas si pengirim surat, nama dan alamat yang dituju, serta dari isi surat itu sendiri
syarat-syarat surat yang baik
2. Benar
Benar disini berarti: isi dari surat tersebut memang benar maksud dan tujuannya (tidak untuk iseng), serta menggunakan kosa kata yang baku.
3. Sopan
Sopan disini berarti: menggunakan bahasa yang tidak hanya baku tetapi juga memiliki sopan santun.
4. Singkat/tidak terlalu bertele-tele
Singkat disini bukan berarti penulisan katanya yang harus disingkat-singkat, tetapi menggunakan bahasa yang efektif sehingga surat tidak terlalu panjang lebar.
5. Lengkap
Lengkap disini berarti: Maksud dan tujuan sudah terwakilkan atau tertuang semua dalam surat.
6. Menarik
Menari disini bukan berarti harus menggunakan kosa kata seperti pada iklan-ikan yang sering kita jumpai. Tetapi, kertas dan sampul surat harus serasi, bersih dan rapi sehingga enak dipandang dan dibaca.
2.3 BAHASA YANG DIGUNAKAN DALAM PENULISAN SURAT
1.
Mengutamakan sama derajat
2. Tegas
3. Mudah
dimengerti oleh pembaca
4. Menggunakan
bahasa yang sopan
5. Jelas
antara penulisan dan makna
2.4 BAGIAN-BAGIAN SURAT
• Bagian-bagian surat pribadi :
…………………..….1
…….…..2
…….......3
…………….……………….4
………………….………….5
…………………….……….6
…………….7
…………….8
…………….9
1. Tempat, tanggal,bulan,tahun penulisan surat
2. Alamat surat
3. Salam pembuka
4. Kalimat pembuka
5. Isi surat
6. Kalimat penutup
7. Salam Penutup
8. Tanda tangan
9. Nama pengirim
• Bagian-bagian surat dinas /resmi
1. Kepala surat
2. No,Lampiran ,Perihal
3. Tanggal,bulan,tahun penulisan surat
4. Alamat surat
5. Salam pembuka
6. Kalimat pembuka
7. Isi surat
8. Kalimat penutup
9. Salam penutup
10. Tanda tangan
11. Nama pengirim
Kerangka isi surat :
1. Paragraf pembuka
2. Paragraf isi
3. Paragraf penutup
2.5 CONTOH SURAT
Contoh surat lamaran kerja
• Bagian-bagian surat pribadi :
…………………..….1
…….…..2
…….......3
…………….……………….4
………………….………….5
…………………….……….6
…………….7
…………….8
…………….9
1. Tempat, tanggal,bulan,tahun penulisan surat
2. Alamat surat
3. Salam pembuka
4. Kalimat pembuka
5. Isi surat
6. Kalimat penutup
7. Salam Penutup
8. Tanda tangan
9. Nama pengirim
• Bagian-bagian surat dinas /resmi
1. Kepala surat
2. No,Lampiran ,Perihal
3. Tanggal,bulan,tahun penulisan surat
4. Alamat surat
5. Salam pembuka
6. Kalimat pembuka
7. Isi surat
8. Kalimat penutup
9. Salam penutup
10. Tanda tangan
11. Nama pengirim
Kerangka isi surat :
1. Paragraf pembuka
2. Paragraf isi
3. Paragraf penutup
2.5 CONTOH SURAT
Contoh surat lamaran kerja
Kepada Yth.
Human Resources
Departement
Di tempat
Saya yang bertanda
tanga dibawah ini :
Nama
: Siti
Fathiyah Wardati
Tempat
Tanggal Lahir : Semarang, 28 Juni
1992
Usia
: 22
tahun
Alamat
: Pondok
sani bekasi
Telepon
:
085621215478
Pendidikan
terakhir : SMA
Dengan ini bermaksud
untuk melamar bekerja diperusahaan yang bapak/ibu pimpin. Untuk melengkapi
data-data yang Bapak/Ibu perlukan, bersama ini saya sampaikan beberapa lampiran
sebagai berikut :
1. Foto copy ijazah 1 lembar
2. Foto copy KTP 1 lembar
3. Pas Photo 3x4 1 lembar
4. Daftar Riwayat Hidup 1 lembar
Adapun syarat &
berkas lain nya akan menyusul.
Demikian lamaran ini
saya buat dengan sebenarnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
Hormat saya
( Siti Fathiyah Wardati )
2.6 MANFAAT
VITAE
Manfaat
curiculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri
dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang
akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah
diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan –
kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan
kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.
2.7 SUSUNAN
VITAE
1. Data Pribadi
Bagian ini berisi nama,
alamat, email, handphone dan identitas pribadi lainnya. Sangatlah penting
bagi Anda untuk selalu mencantumkan nomor kontak
atau email Anda karena itu adalah satu-satunya cara perusahaan yang merekrut
bisa menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan kriteria yang
ditetapkan.
2. Pendidikan
Bagian ini menjelaskan mengenai
latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Cantumkan
pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang
Anda ikuti.
3. Pengalaman Kerja
Bagian ini merupakan bagian yang
paling sering diperhatikan oleh perusahaan yang merekrut. Pengalaman kerja
memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang
cukup atau masih terbatas. Di bagian ini, rekruiter juga bisa menentukan apakah
kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia
butuh penyesuaian yang panjang. Oleh karena itu Anda harus menjelaskan secara
detail apa yang Anda kerjakan, nama perusahaan tempat kerja sebelumnya, posisi
Anda, dan pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari (job description).Informasi
ini akan membantu memahami cakupan kerja yang dilakukan, keterampilan yang
dimiliki serta bisa memperkirakan nilai tambah yang dimiliki seorang kandidat.
4. Keterampilan Yang Dimiliki
Dalam CV Anda, ada kalanya Anda
perlu menjelaskan keterampilan apa saja yang Anda miliki sebagai proses belajar
maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Sebisa mungkin hindari penulisan
keterampilan seperti : mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja dalam
tim, cepat belajar hal yang baru. Penjelasan seperti itu tidak memberikan nilai
tambah karena semua kandidat juga melakinkukan hal yang sama. Mungkin dalam
bagian ini Anda bisa menambahkan keterampilan Anda dalam berbahasa lebih dari
sau bahasa atau keterampilan dalam menggunakan applikasi-aplikasi computer.
5. Training Yang Pernah Diikuti
Masukkan daftar pelatihan/training
apa saja yang pernah Anda ikuti sebelumnya untuk memberi gambaran sejauh
mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Jangan
masukkan semua training karena jumlahnya akan sangat panjang. Pilih yang
relevan dan sesuai dengan target pada organisasi yang dituju.
6. Prestasi
Ini adalah bagian yang penting
disamping Pengalaman Kerja yang menjelaskan keunikan sebagai individu sekaligus
pencapaian di bidang tertentu. Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di
pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya. Prestasi di
bidang kemasyarakatan atau hal-hal di luar pekerjaan juga menarik bagi seorang
rekruter untuk digali lebih jauh.
7. Kegiatan
Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan
Anda perlu memberikan sedikit
gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa Anda
bisa membagi waktu dan memiliki wawasan yang lebih luas, tidak hanya sebatas
pekerjaan.
2.8 ISI VITAE
Kepada Yth.
Human Resources
Departement
Di
tempat
Saya
yang bertanda tanga dibawah ini :
Nama
:
Siti Fathiyah Wardati
Tempat
Tanggal Lahir : Semarang,
28 juni 1992
Alamat
:
Pondok sani bekasi
Telepon
:
085621215478
Dengan
ini Dengan ini bermaksud untuk melamar bekerja diperusahaan yang bapak/ibu
pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkabn Curiculum Vitae sebagai
berikut
Nama
:
Siti Fathiyah Wardati
Usia
:
22 Tahun
Jenis
Kelamin :
Perempuan
Agama :
Islam
Status
:
Belum Menikah
Bangsa :
Indonesia
Alamat
:
Pondok sani bekasi
Pendidikan
Terakhir : SMA
Email
:
fathiyah_wardah@yahoo.com
Latar
belakang Pendidikan
Formal
2005
– 2007 : SMP Bina Amal, Bekasi
2007
– 2010 : SMA Diponegoro 02, Bekasi
2012 – 2016 :
Universitas Gunadarma, Bekasi
Untuk
melengkapi data-data yang Bapak/Ibu perlukan, bersama ini saya sampaikan
beberapa lampiran sebagai berikut :
1. Foto copy ijazah 1 lembar
2. Foto copy KTP 1 lembar
3. Pas Photo 3x4 1 lembar
4. Daftar Riwayat Hidup 1 lembar
Adapun syarat &
berkas lain nya akan menyusul.
Demikian lamaran ini
saya buat dengan sebenarnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
Hormat saya
( Siti Fathiyah Wardati )
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Surat
menyurat adalah salah satu bentuk komunikasi
dengan mempergunakan surat sebagai alat, oleh karena itu surat menyurat
merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat penting dan setiap waktu
dilakukan dalam tugas sehari-hari dalam kantor.
Surat merupakan salah satu alat komunikasi tertulis yang berasal dari satu pihak dan ditujukan dari pihak lain
untuk menyampaikan berita dengan demikian jelas bahwa surat sangat penting
artinya dalam membantu memperlancar tercapainya tujuan organisasi.
Perlu diusahakan agar dapat membuat surat dengan baik, sebab penilaian negatif terhadap surat akan dapat
mempengaruhi pula penilaian negatif dalam organisasi.
Manfaat
dari vitae atau yang biasa dikenal senagai CV adalah surat untuk melamar
pekerjaan ke perusahaan, yang menyangkut dengan data kepribadian sesorang yang
ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang diinginkan. CV juga berguna untuk
mempermudah untuk menilai kepribadian seseorang dengan membaca data dirinya,
dan juga mepermudah perusahaan merekrut untuk dilakukannya wawancara secara
langsung.
Sumber
:
http://fildzahadriana.blogspot.com/2014/06/pokok-bahasan-curicculum-vitaen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar