Kamis, 15 November 2012

dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap perilaku sosial dan masyarakat














Mata Kuliah  :  Ilmu Sosial Dasar Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Penulisan Makalah

Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi
Terhadap  Perilaku Sosial Masyarakat
Kelas  :  1-KA39

Tanggal Penyerahan Makalah : 17 November 2012
Tanggal Upload Makalah  :  18 November 2012

P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n


N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
17112051
Siti Fathiyah Wardati



Program Sarjana Sistem Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA


Kata Pengantar


Puji syukur saya panjatkan kepada ALLAH SWT yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga saya bisa menulis makalah ini tentang dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap perilaku sosial masyarakat. Adapun teknologi informasi sekarang ini, menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk menyebarkan informasi secara cepat, luas dan lebih lama penyimpanannya.
Adapun makalah ini di susun dalam rangka mengetahui dampak  teknologi informasi terhadap perilaku sosial masyarakat dan dalam perkembangan teknologi informasi dan saat ini menjadi tugas mata kuliah ilmu sosial dasar.




Bekasi, November 2012


                                                                                                Siti Fathiyah Wardati







i
Daftar Isi

Kata   Pengantar……….……………………………………………………………………i
Daftar Isi………………………………………………………………...………………….ii
Bab 1 Pendahuluan…………………………………………………………………………1
1.1  Latar Belakang…………………………………………………………………….1
1.2  Tujuan……………………………………………………………………………..1
1.3  Sasaran…………………………………………………………………………….1
Bab II  Permasalahan……………………………………………………………………….2
1.      Kekuatan……………………………………………………………………………7
2.      Kelemahan………………………………………………………………………….7
3.      Peluang……………………………………………………………………………..7
4.      Hambatan…………………………………………………………………………...7
Bab III Kesimpulan Dan Rekomendasi……………………………………………………8
1.      Kesimpulan………………………………………………………………………...8
2.      Rekomendasi……………………………………………………………………….8
Referensi……………………………………………………………………………………8









ii
Bab I
Pendahuluan

1.1     Latar Belakang
Seiring  dengan berjalannya waktu, teknologi informasi semakin berkembang pesat seiring dengan  penemuan-penemuan baru dan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang informasi dan komunikasi. Dimulai dari alat yang sederhana, hingga kini berkembang menjadi berbagai macam bentuk dan fungsi.
Sebagai makhluk sosial, ,masyarakat sosial di tuntut untuk saling berkomunikasi dan berhubungan dengan masyarakat lain sehingga adanya teknologi informasi ini, memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dan beritnteraksi dengan masyarakat luas.
1.2     Tujuan
Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pandangan apa saja yang mempengaruhi tentang dampak teknologi informasi dan perkembangan teknologi informasi dan mengetahui bagaimana keadaan setelah adanya perkembangan-perkembangan teknologi informasi dan imu pengetahuan.
Dan mengambarkan hubungan antara perilaku sosial dalam teknologi informasi yang sudah semakin maju dan membawa pengaruh  positif dan juga negatif dimana bila masyarakat dengan memanfaatkan dunia teknologi informasi sesuai dengan kebutuhannya akan membawa pengaruh positif.
1.3     Sasaran
Agar masyarakat mengetahui secara garis besar mengenai dampak signifikan tentang teknologi informasi dalam perilaku sosial masyarakat. Dan juga banyak hal positif tentang teknologi informasi dan komunikasi, apabila kita lihat pemanfaatan teknologi informasi dan melestarikan dengan selalu memperhatikan dampak teknologi yang sekarang sudah semakin maju dan juga memperhatikan dampak sosial terhadap masyarakat yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup masyarakat.
Mengindetifikasi dampak atau pengaruh yang di timbulkan oleh TIK dalam aktivitas perilaku sosial masyarakat.

1
Bab II
                                                        Permasalahan
Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan spektakuler terhadap perilaku sosial masyarakat yang sebelumnya belum pernah terjadi. Sejumlah prediksi memang belum pernah dilakukan oleh para futurog seperti John Naisbitt dan Alvin Tofler, misalnya menyatakan ada Sembilan kecenderungan yang besar itu adalah beralihnya masyarakat industri ke masyarakat informasi. Dalam masyarakat industri, dihasilkan oleh interaksi manusia dengan alam terolah, sedangkan masyarakat informasi produksi merupakan hasil interaksi manusia dengan manusia.
Gelombang ketiga adalah peradaban yang di dukung oleh kemajuan teknologi komunikasi dan pengolahan data, penerbangan dan aplikasi angkasa terluar, energy alternatif dan energy terbarukan serta rekayasa genetik dan bioteknologi, dengan komputer dan mikro teknik sebagai teknologi intinya. Pada era ini jaringan komunikasi, data dan informasi, komputer, latihan dan teknologi modernlah yang terpenting. Informasi merupakan factor penentu.
Jika pada gelombang kedua mengtamakn fisik manusia, pada gelombang ketiga menekankan pada pikiran, perkembangan teknologi informasi ditinjau dari segi penggunaanya terdiri dari empat tahapan, Pertama era komputerasi di temukannya perangkat sistem komputer bisa di katakan merupakan cikal bakal kemajuan teknologi informasi.
Dengan terbangunnya sistem jaringan komputer baik dengan kabel maupun nirkabel maka sistem informasi semakin berkembang apalagi didukung hadirnya teknologi internet yang semakin murah menjadikan globalisasi tidak terbendung sebagai era keempat.
Namun secara materi mampu mengembangkan ruang gerak kehidupan baru bagi masyarakat,sehingga tanpa disadari komunitas manusia telah hidup dalam dua dunia  kehidupan .

2
Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem dimana sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada kelompok tersebut. Masyarakat adalah sebuah komuintas yang interpenden (saling bergantung satu  lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
Dari definisi di atas, dapat di simpulkan bahwa masyarakat merupakan sekelompok orang yang hidup bersama, berinteraksi dengan individu-individu lain, dan saling bergantung satu sama lain. Di sini kita dapat mnenyatakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial, sangat memerlukan bantuan dari orang lain dan di tuntut untuk menjalin.
Keadaan masyarakat pada era globalisasi sekarang ini, cenderung tidak dapat  pisahkan dengan teknologi informasi yang ada. Dengan adanya teknologi informasi dan komuikasi, memudahkan masyarakat dalam menjalin hubungan secara global. Karena teknologi yang sudah semakin canggih saat ini, sudah memungkinkan masyarakat merambah dunia internasional dengan adanya fitur-fitur penunjang komunikasi.
Akibat pekembangan teknologi informasi yang ada, keadaan sosial masyarakat mengalami perubahan. Tetapi masih terdapat kesenjangan yang terjadi dalam masyarakat di kota-kota besar sangat mudah untuk mengakses berbagai informasi yang ada melalui internet. Sedangkan pada masyarakat pedesaan cenderung susah untuk mendapatkan informasi dari dunia maya. Tetapi bila dari keseluruhan, tentunya perkembangan teknologi informasi ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat kebanyakan.
Dampak yang di timbulkan dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan mendengar kata “Dampak”, tentunya masyarakat akan cenderung memandang sebagai hal yang negatif tetapi dalam hal perkembangan teknologi informasi, saya merasakan dampak yang di hasilkan cenderung kea rah positif. Walaupun sangat banyak dampak negatif yang ada, namun tak bisa di pungkiri bahwa dampak perkembangan teknologi informasi yang dapat di rasakan sangatlah berguna.  



3
Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi :
·         Memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi secara global. Banyak fitur-fitur yang di sediakan oleh teknologi informasi, untuk mendukung fasilitas komunitas tersebut. Dan harga yang di tawarkan sekarang relaitf terjangkau.
·         Memudahkan masyarakat dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari dengan cepat dengan perangkat software yang semakin berkembang dan mudah di gunakam oleh masyarakat banyak.
  • Menguntungkan perusahaan banyak bidang yang mengunakan jasa teknologi informasi. Sebagai contoh dalam bidang perdangangan, dengan bantuan e-commerce maka masyarakat lebih mudah untuk membeli/menjual suatu barang secara online kita tidak membutukan waktu banyak biaya untuk datang ke suatu tempat.
·         Memudahkan masyarakat dalam mencari niformasi yang di butuhkan. Dengan adanya search engine yang beredar, kini masyarakat lebih mudah mengakses informasi yang ada dalam dunia maya. Informasi dan berita yang ada, cenderung lebih cepat tampil pada web browser di bandingkan dengan media lain.
Masih banyak dampak positif yang di timbulkan oleh perkembangan teknologi informasi.
Dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi :
·         Maraknya cyber crime atau kejahatan dunia maya. Sebagai contoh para hacker yang bisa menjebol sistem komputer seseorang, dan masih banyak kejahatan dalam dunia maya yang di manfaatkan oknum tertentu demi kepentingan pribadi.
·         Karena mudahnya informasi yang di ambil, anak-anak di bawah umur dapat dengan         mengakses situs-situs dengan konten dewasa.
·           Menimbulkan sifat yang cenderung malas. Seringkali pengguna internet tenggelam dalam dunianya sendiri dan tidak mempedulikan sekitarnya, banyak dari mereka yang lebih sering berinteraksi dengan teman dunia mayanya di bandingkan dengan teman dalam dunia nyata. Hal ini mempengaruhi sifat seseorang yang cenderung sulit bila harus di hadapkan dengan masalah dan masyarakat dalam dunia nyata.

4

Menyikapi kemajuan teknologi niformasi telah banyak membawa pengaruh positif dan negatif  dalam kehidupan kita, oleh karena itu sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat daalm menyikapi kemajuan teknologi informasi tersebut untuk menghindarkan pengaruh dari hal-hal yang negatif yang turut di bawa oleh kemajuan teknologi informasi.
Sikap yang dapat kita ambil terhadap kemajuan teknologi informasi yakni mengetahui dan menyesuaikan kebutuhan kita yang ingin kita dapatkan melalui teknologi informasi, mengetahui sejauh mana privasi yang kita miliki dan menghargai privasi milik orang lain, menggunakan manfaat teknologi informasi secara bijak dengan tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku dan hukum agama kita, merubah cara pandang kita supaya peduli akan kemajuan teknologi informasi dan dampak yang di timbulkannya. Dengan demikian dampak negatif dari kemajua teknologi informasi yang dapat kita ketahui.
Kehidupan era globalisasi memang tidak lepas dari teknologi informasi. Kehidupan manusia sangat erat kaitannya dengan teknologi. Mulai dari bangun tidur, dan beraktivitas hingga tidur lagi. Semuanya berhubungan dengan teknologi.
Jadi bukan hal yang tabu lagi jika manusia zaman sekarang menginginkan segalanya serba instan. Inti dari teknologi adalah media, media yang dapat memudahkan manusia dalam mengerjakan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan teknologi, ya itulah makna hal dari teknologi yang paling penting, media atau produk teknologi. Bagaimana media tersebut dapat di jalankan atau di manfaatkan secara optimal dengan pengoperasian yang cukup mudah untuk menghasikan produk sebaik mungkin dan memerlukan waktu, tenaga dan biaya seminim mngkin.
Kemajuan teknologi tidak akan bermanfaat dan di kembangkan tanpa adanya publikasi. Bagaiman caranya ? Caranya adalah dengan memaafaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Teknologi yang satu ini sangat berkaitan dengan mobilitas kehidupan manusia di era teknologi ini,beberapa contoh media teknologi informasi dan komunikasi di antaranya adalah ponsel, televise, radio dan komputer. Maka tak heran jika perkembangan teknologi informasi dan komnikasi melaju secara signifikan dan dapat dikatakan sangat cepat.

5
Masyarakat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ialah masyarakat yang warganya berinteraksi dengan satu sama lain dengan mengandalkan TIK, sehingga peri-kehidupannya diwarnai oleh perkembangan TIK dan sampai derajat TIK tergantung pada TIK.
Untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi sebagai sarana layanan informasi untuk memberdayakan masyarakat, maka perlu dilakukan beberapa lengkah strategis diantarnya adalah :
1.    Meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam manfaat teknologi informasi. Dengan menyadari akan manfaat teknologi informasi, maka diharapkan masyarakat akan mampu menyerap berbagai informasi penting sehingga mendorong masyarakt untuk sadar melakukan kegiatan-kegiatan parisipatif yang mengarah kepada terbentuknya “masyarakat berdaya” di segala bidang. Peningkatan kesadaran ini dilakukan melalui penyelenggaraan aktivitas seperti seminar, kampanye melalui media massa.
2.    Menyediakan akses informasi. Penyediaan informasi ini haruslah informatif dan layanan yang relevan untuk masyarakat. Agar dapat berjalan berkesinambungan, masyarakat haruslah dapat merasakan manfaat yang dapat diambil dari akses yang diberikan. Manfaat ini secara ekonomis dapat dirasakan melalui peningkatan pengasilan atau mengurangi pengeluaran. Oleh karena itu, informasi atau layanan yang diberukan haruslah tepat sasaran dalam memenuhi kebutuhan masyarakat (demand driven), diolah dalam format yang sederhana, bahasa yang di mengerti, serta di sebarkan dengan media komunikasi yang biasa digunakan serta papan pengumuman desa, pengeras suara, radio.
3.   Membangun mitra antara masyarakat dan penyedia pelayanan layanan informasi. Penggalangan kemitraan adalah bagian penting dari program layanan informasi dan di maksudkan terutama untuk mendukung pengembangan kemampuan masyarakat. Kemitraan ini dilakukan dengan semua pihak dari berbagai sector, misalnya dengan departemen, institusi kesehatan, pendidikan, industri, dan pertanian untuk mempromosikan pengembangan dan layanan informasi untuk orang miskin. Sebaliknya, pihak departemen dan instansi juga dapat mudah penggadaan layanan informasi untuk disampaikan kepada masyarakat.


4
 Analis permasalahan Dampak Teknologi Informasi Dan Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal di lihat dari aspek :
1.   Kekuatan
a.       Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung di publikasikan dan di terima oleh masyarakat
b.      Hubungan sosial antar masyarakat dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja
c.       Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat
d.      Tumbuhnya sikap percaya diri dan motivasi tinggi
2.   Kelemahan
a.       Timbulnya jenis  kejahatan baru
b.      Maraknya perilaku menyimpang yang terjadi di kalangan masyarakat pada umumnya dan remaja pada khususnya
c.       Menurunnya tingkat kepercayaan kepada lingkungan sekitar
d.      Masyarakat menginginkan segala kebutuhan informasi dengan serba instan
3.   Peluang
a.        Masyarakat dapat mengakses disitus-situs internet dengan mudah
b.       Dapat menciptakan lapangan kerja di bidang teknologi informasi
c.        Dapat memanfaatkan memenuhi kebutuhan informasi
d.       Mengoptimalkan penggunaan internet dengan biaya terjangkau
4.   Hambatan
a.       Masuknya budaya asing yang kurang baik dan tidak difilter
b.      Anak-anak di bawah umur mudah mengakses konten dewasa
c.       Tidak ada interaksi dengan lingkungan sekitar
d.      Menimbulkan rasa malas
7
Bab III Kesimpulan Dan Rekomendasi

1.      Kesimpulan
a.    Perkembangan teknologi sangat berpeng aruh terhadap perilaku sosial masyarakat
b.   Banyak hal positif yang dihasilkan dari teknologi dalam kehidupan sosial
c.    Tetapi banyak juga hal negatif yang ditimbulkan dari pengaruh teknologi
d.   Memanfaatkan teknologi dengan lebih bertanggung jawab
2.      Rekomendasi
a.       Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung di publikasikan dan di terima oleh masyarakat
b.      Menurunnya tingkat kepercayaan kepada lingkungan sekitar
c.       Mengoptimalkan penggunaan internet dengan biaya terjangkau
d.      Masuknya budaya asing kurang baik dan tidak difilter
      Referensi
2.      www.google.comhttp://www.scbrid.com/doc/45129036/Tugas /makalah/ilmu/sosial/dasar







8

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar